Jumat, 09 Oktober 2015

Rpp bhs indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :  SDN PANTANG MUNDUR
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Tema                          : Kehidupan masyarakat
Kelas/Semester          :  VI / Pertama
Alokasi Waktu           :  30 Menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1 Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll).
     
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Peserta didik diharapkan mampu memahami materi meresensi buku ilmiah
2.   Peserta didik diharapkan mampu membaca dengan baik menggunakan intonasi yang tepat
3.   Peserta didik diharapkan mampu menjawab pertanyaan mengenai meresensi buku ilmiah
4.   Peserta didik diharapkan mampu membacakan hasil jawaban dari soal meresensi buku ilmiah

D.    INDIKATOR
1.    Siswa dapat memahami materi meresensi buku ilmiah
2.    Siswa dapat  membaca menggunakan intonasi yang tepat
3.    Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai meresensi buku ilmiah
4.    Siswa dapat membacakan hasil jawabannya di depan kelas

E.     Karakter siswa yang diharapkan :
1.      Kreatif, Rasa ingin tahu, Tanggung jawab.

F.     MATERI AJAR
1.      Teks bacaan

G.    METODE PEMBELAJARAN:
1.      Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN:
a.       Pendahuluan (5 menit)
Apersepsi  dan Motivasi :
1.         Guru memberikan salam,selanjutnya guru menanyakan kabar dan melakukan apersepsi
2.      Guru memimpin siswa untuk berdo'a
3.      Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.

b.      Inti (25 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.        Guru menunjuk salah seorang siswa untuk membacakan materi yang ada di slide.
2.        Guru menjelaskan tentang materi meresensi buku ilmiah.
3.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi tersebut.
4.        Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang sudah dijelaskan.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.        Guru memberikan contoh cara membaca buku ilmiah yang benar.
2.        Guru menunjuk salah seorang siswa untuk membacakan kembali di depan kelas.
3.        Guru memberikan tugas berupa soal pertanyaan mengenai merensi buku ilmiah.
4.        Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil jawabannya di depan kelas.
5.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  berkomentar.

      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

Kegiatan Penutup (5 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1.        Siswa diberi tugas meresensi buku ilmiah ( surat kabar, majalah, dll ).
2.        Berdoa dan guru mengucap salam.

I.       MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP.
2.      Resensi novel Perahu Kertas, penulis Dee/Dewi Lestari, penerbit bentang pustaka dan truedee pustaka sejati.
3.      Resensi novel Misteri Payung Terbakar, penulis Tethy Izokanzo/Iwok Abqory, penerbit Dar Mizan.
4.      Resensi film Wrong Turn, Sutradara Declan O’Brien, penerbit 20th Century Fox 18 oktober 2012.
5.      LCD/PPT.



J.      PENILAIAN
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
·  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
·  Bertanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
·  Membaca buku ilmiah
·  Meresensi buku ilmiah
·  menyampaikan hasil meresensi teks bacaannya kembali
Teknik tes:
 Lisan
Non tes: 
perbuatan

Bentuk:
Unjuk kerja
Instrumen: 
Lembar penilaian unjuk kerja
·  Sampaikanlah hasil meresensi teks bacaan!

Catatan / saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
____________________________________________________________________________

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.         

Mengetahui Kepala Sekolah
SDN PANTANG MUNDUR


Nama
NIP.

Surabaya, 12 Juni 2015
Guru Kelas VI


Nama
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar